Sabtu, 15 Mei 2010

Sandal kulit sang raja..


Seorang maharaja akan berkeliling negeri untuk melihat keadaan rakyatnya . Ia memutuskan untuk berjalan kaki saja . Baru beberapa meter berjalan di luar istana kakinya terantuk batu . ia berpikir “ ternyata jalan-jalan di negeriku ini jelek sekali . Aku harus memperbaikinya .”
Maharaja lalu memanggil seluruh menteri istana . ia memerintahkan untuk melapisi seluruh jalan-jalan di negerinya dengan kulit sapi terbaik . Segera saja para menteri istana melakukan persiapan-persiapan . Mereka mengumpulkan sapi-sapi dari seluruh negeri .
Ditengah – tengah kesibukan yang luar biasa itu , datanglah seorang pertapa menghadap maharaja . Ia berkata pada maharaja , “ wahai paduka mengapa paduka hendak membuat sekian banyak kulit sapi untuk melapisi jalan-jalan di negeri ini , padahal sesungguhnya yang paduka perlukan hanyalah dua potong kulit sapi untuk melapisi telapak kaki paduka saja .”
Konon sejak itulah dunia menemukan kulit pelapis telapak kaki yang kita sebut “ sandal ” .
Ada pelajaran yang berharga dari cerita itu . Untuk membuat dunia menjadi tempat yang nyaman untuk hidup kadangkala kita harus mengubah cara pandang kita , hati kita dan diri kita sendiri dan bukan dengan jalan mengugbah dunia itu .
Kadangkala kita seringkali keliru dalam menafsirkan dunia. Dunia dalam pikiran kita kadang hanyakah suatu bentuk personal . Dunia kita artikan sebagai milik kita sendiri yang pemainnya adalah diri kita sendiri . Tak ada orang lain yang terlibat disana sebab seringkali dalam pandangan kita dunia adalah bayangan diri kita sendiri .
Ya memang , jalan kehidupan yang kita tempuh mesih terjal dan berbatu . Manakah yang kita pilih melapisi setiap jalan itu dengan permadani berbulu agar kita tak pernah merasakan sakit atau melapisi hati kita dengan kulit pelapis agar kita dapat bertahan melalui jalan-jalan itu ?

0 komentar:

Mau liIburan ke luar negeri 8 hari 7 malam,cuma 2,6 jt mau ??

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP